Minggu, 03 Juni 2012

"BENTUK" rumah adat bulungan


"BENTUK RUMAH ADAT BULUNGAN"











Rumah adat ini terletak di kalimantan timur, di kabupaten bulungan, kota tanjung selor.
munkin banyak orang yang tidak mengetahui tentang kota ini, namun di dalam blog ini saya akan mencoba untuk memperkenalkan kota ini ,pertama-tama munkin saya akan menguraikan tentang rumah ini secara arsitektur nya.


 
pada muka bangunan terdapat 3 atap limasan itu menunjukan bahwa pernah terbentuk nya 3 istana di bulungan, pada sisi kiri-kanan dan belakang bangunan memiliki atap dengan gaya sentuhan gevel khas arsitektur belanda yang berkembang pada tahun 1800-an yaitu the empire style yang berkesan megah dengan kolom-kolom yang  berjajar pada teras bangunan, untuk mewaikili budaya dayak dapat dilihat pada bentuk rumah tanduk, bangunan panggung dengan pola yang simetris mirip dengan rumah lamin ,yang memanjang,bangunan ini juga  terbuat dari kayu yang berlantai kan marmer.
  karakterisitik bangunan islam,belanda,melayu,dayak mempengaruhi gaya bangunan di bulungan sesuai jaman dan bentuk sosial .





ukiran ini juga menandakan bahwa islam sangat berkembang di masa itu seperti terlihat pada  gambar terdapat ukiran bahas arab pada ornamen di rumah adt suku bulungan.










Tidak ada komentar:

Posting Komentar